ANALISIS PENGANGGARAN MODAL DAN ANALISIS RESIKO DALAM PROYEK EKSPANSI PASAR PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PADA TOKO BARKHA)

  • Muhammad Iqbal Alamsyah STIE INABA
  • Astrin Kusumawardani STIE INABA
Keywords: Penganggaran Modal, Evaluasi Kelayakan Keuangan, Analisis Resiko, Ekspansi Pasar, UKM

Abstract

Menurut data yang diperoleh dari Global Entrepreneurship Monitor Tahun 2012, tingkat keberlanjutan usaha di Indonesia cenderung rendah yakni 2,4%, dan tingkat ekspektasi pengembangan pada aktivitas pengusaha titik awal (nascent entrepreneur) adalah 4%. Berdasarkan data tersebut, UKM banyak yang mengalami kegagalan saat melakukan investasi jangka panjang dalam hal pengembangan usaha. Permasalahan yang menjadi faktor kegagalan UKM ialah pada pengambilan keputusan rencana investasi hanya menggunakan naluri dan pendapat pribadi pemilik usaha. Karena dana yang akan ditanamkan oleh UKM ke dalam pengembangan usaha memiliki jumlah yang cukup besar maka investasi
tersebut harus dapat dihitung secara cermat dan tepat, serta harus dapat memberikan return yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif melalui studi kasus pada salah satu UKM di kota bandung yaitu Toko Barkha yang merupakan Usaha Dagang produk timur tengah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis penganggaran modal dan analisis resiko terhadap proyek ekspansi usaha yang akan dilakukan oleh UKM. Berdasarkan hasil perhitungan evaluasi kelayakan keuangan dan analisis resiko menggunakan simulasi monte carlo, maka proyek ekspansi pasar dinilai layak. Sehingga proyek ekspansi pasar yang akan dilakukan oleh Toko Barkha direkomendasikan untuk dilanjutkan.

Author Biographies

Muhammad Iqbal Alamsyah, STIE INABA

Muhammad Iqbal Alamsyah, S.E., M.M Dosen Tetap di STIE INABA.

Astrin Kusumawardani, STIE INABA

Astrin Kusumawardani, S.E., M.M Dosen Tetap di STIE INABA.

Published
2018-12-30