ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN ANALISIS INDUSTRI BONGKAR MUAT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI USAHA PT. GITA TERMINAL SARANA

  • Dayan Hakim Natigor STIE INABA
  • Herli Irawan STIE INABA
Keywords: Analisis Laporan Keuangan, Analisis Industri dan strategi usaha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi usaha PT. Gita Termina Sarana. Berdasarkan analisis laporan keuangan dan analisis industri. Penelitian yang akan dilakukan termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis common size memperlihatkan komponen neraca terbesar adalah aktiva lancar, rata-rata sebesar 203.38% dan pada laporan laba-rugi komponen terbesar adalah penjualan total biaya langsung yang rata-rata sebesar71.37%. Hasil analisis indeks memperlihatkan adanya fluktuasi baik pada komponen neraca dan laba-rugi jika dibandingkan dengan tahun dasar yaitu tahun 2007. Hasil analisis rasio keuangan memperlihatkan rasio likuiditas perusahaan, Current asset 165% dan Cash ratio sebesar 14%. Rasio Solvabilitas perusahaan memperlihatkan Debt asset ratio
sebesar 62% dan Long term debt to equity sebesar 123%. Rasio aktivitas perusahaan memperlihatkan AR turnover sebesar 469% dan Tot Asset turnover sebesar 92%. Untuk rasio profitabilitas masih sangat buruk Net profit margin -6% dan Return on equity -3%. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan maka disusun beberapa strategi. Pertama fasilitas yang mumpuni digunakan sebagai alat untuk memenangkan persaingan industri bongkar muat. Kedua mengandalkan kemampuan sumber daya manusia yang handal untuk memasuki pangsa pasar di dalam maupun di luar pelabuhan. Ketiga perusahaan lebih memaksimalkan penawaranpenawaran ke customer. Keempat untuk menghadapai persaingan dengan perusahaan lain perlu menjaga kualitas dan yang kelima adalah evaluasi biaya.

Author Biographies

Dayan Hakim Natigor, STIE INABA

Dr. Dayan Hakim Natigor S, S.E., Ak., CA., BKP., BCMCP. Pendidikan terakhir S3. Saat ini merupakan Dosen tetap di STIE INABA Bandung.

Herli Irawan, STIE INABA

Herli Iriawan, SE., M.M. merupakan alumni mahasiswa Magister Manajemen STIE INABA

Published
2016-08-29