PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KINERJA GURU TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMK ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA KOTA BANDUNG

  • Nunung Ayu Sofiati STIE INABA
  • Dewi Sumarni STIE INABA
Keywords: kualitas, kinerja, dan kepuasan

Abstract

Pemerintah Indonesia telah lama menyadari pentingnya pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang Dasar 1945. Penyelenggaraan pendidikan indonesia merupakan suatu sistem pendidikan nasional yang diatas secara sistematis, sejalan dengan dunamika pembangunan bangsa diberbagai sektor tuntutan terhadap pembangunan sektor pendidikan menjadi semakin luas, disatu pihak tetap terpenuhi kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak usia sekolah. Kualitas pendidikan di Indonesia benarbenar jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Dalam standar nasional pendidikan pasal 28 bahwa pendidikan harus memiliki kualifikasi
akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, pengaruh kualitas layanan dan kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik di SMK Angkasa Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung, kualitas layanan yang diberikan suatu lembaga tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui baik secara parsial maupun secara simultan tentang pengeruh kualitas layanan dan kinerja terhadap kepuasan (Studi kasus di SMK Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung). Hasil penelitian menunjukan secara parsial dan simultan berpengaruh pada peserta didik dan berpengaruh terhadap kualitas dan layanan kinerja terhadap kepuasan.

Author Biographies

Nunung Ayu Sofiati, STIE INABA

Dr. Hj. Nunung Ayu Sofiati (Efi), S.Pd., MM, Pendidikan terakhir S3. Saat ini merupakan Dosen tetap dan Ketua Program MM STIE INABA Bandung.

Dewi Sumarni, STIE INABA

Dewi Sumarni, SH., S.Pd., M.M. merupakan alumni mahasiswa Magister Manajemen STIE INABA.

Published
2016-08-29