PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN

(Studi Kasus pada Perusahaan Property, Real Estate and Building Construction Yang Terdaftar Di BEI LQ45 Periode 2007-2014)

  • Yoyo Sudaryo STIE INABA
  • Ika Yanuar Pratiwi STIE INABA
Keywords: Struktur Modal, likuiditas, Profitabilitas, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dan pengaruh antara Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas dan Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property, Real Estate and Building Construction yang terdaftar di BEI LQ 45 periode Tahun 2007-2014. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah deskriptif dan verifikatif. Sumber data berasal dari Laporan Tahunan Perusahaan Property, Real Estate and Building Construction yang terdaftar di BEI LQ 45 periode Tahun 2007-2014, dengan jumlah observasi adalah 56 (lima puluh enam) firm-year. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas dan Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property, Real Estate and Building
Construction yang terdaftar di BEI LQ 45 Periode Tahun 2007-2014 baik. Kemudian, terdapat pengaruh antara Struktur Modal terhadap Profitabilitas dan Kinerja Keuangan, serta terdapat pengaruh Profitabilitas terhadap Kinerja Keuangan. Akan tetapi, Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas dan Kinerja Keuangan. Terkait dampak yang ditimbulkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur Modal berpengaruh terhadap Profitabilitas dan dampaknya terhadap Kinerja Keuangan, akan tetapi Likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas dan dampaknya terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Property, Real Estate and Building Construction yang terdaftar di BEI LQ 45 Periode Tahun 2007-2014.

Author Biographies

Yoyo Sudaryo, STIE INABA

Dr.Yoyo Sudaryo. SE., Ak., M.M., CA Pendidikan Terakhir S3, Sekarang menjadi Dosen Tetap di STIE INABA.

Ika Yanuar Pratiwi, STIE INABA

Ika Yanuar Pratiwi, S.Pd., M.M. merupakan alumni mahasiswa Magister Manajemen STIE INABA

Published
2016-08-29