ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM

Studi pada Perusahaan Perbankan BUMN yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018

  • U Tutun Yanuar Universitas Indonesia Membangun
  • Yoyo Sudaryo Universitas Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Universitas Indonesia Membangun
Keywords: Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, Harga Saham

Abstract

U TUTUN YANUAR. Analisis Pengaruh Return On Asset, Return On Equity dan Earning Per Share terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Bank BUMN yang Listed di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.
Harga Saham merupakan nilai sekarang dari penghasilan yang diterima pemodal dimasa akan datang yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar modal. Dalam berinvestasi saham di pasar modal, yang perlu dilakukan investor adalah menganalisis harga saham. Salah satunya adalah melihat nilai ROA, ROE dan EPS. Return on Asset, Return On Equity dan Earning Per Share merupakan rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan yang
merupakan salah satu cara untuk mengetahui performa perusahaan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi nilai Return on Asset, Return On Equity dan Earning Per Share terhadap Harga Saham Perusahaan Bank BUMN yang Listed di Bursa Efek Indonesia periode 2014- 2018 dengan metode Deskriptif dan Verikatif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial Return On Asset, Return On Equity dan Earning Per Share berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.

Published
2021-12-24