ANALISIS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN TEMPAT TERHADAP MINAT BELI PADA FACTORY OUTLET PT BLOSSOM MANDIRI SEJATI CABANG DAGO

  • Regiana Pratama Universitas Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Universitas Indonesia Membangun
  • Yoyo Sudaryo Universitas Indonesia Membangun
Keywords: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Minat beli

Abstract

REGIANA PRATAMA. Analisis Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Minat Beli Pada Factory Outlet PT Blossom Mandiri Sejati Cabang Dago (Studi Kasus Pada Perusahaan Factory Outlet Blossom Dago). (Dibawah bimbingan Dr. Hj. Nunung Ayu Sofiati (Efi), S.Pd., M.M dan Dr. Yoyo Sudaryo, S.E., Ak., M.M., CA).
Dengan semakin majunya perkembangan zaman, maka selera konsumen semakin cepat berubah dan konsumen semakin selektif dalam memilih produk, menentukan harga beli, melihat promosi dan tempat berbelanjanya. Perkembangan zaman juga menyebabkan semakin sengitnya persaingan dibidang retail. Hal ini mengharuskan pengusaha retail untuk mengerahkan segenap kemampuan dan strateginya, agar dapat memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dan pengaruh antara produk, harga, promosi, tempat dan minat beli pada perusahaan factory outlet Blossom Dago. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Sumber data berasal dari
factory outlet Blossom Dago serta hasil kuisioner yang dibagikan kepada seratus responden pengunjung Factory Outlet Blossom Dago.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari seratus responden yang mengisi kuisioner kemudian diolah dengan program Excel dan SPSS v25, nilai yang diberikan seratus responden mengenai produk adalah 60.22 berada pada kriteria cukup baik, untuk penilaian harga 61.67 berada pada kriteria cukup baik, penilaian promosi 53.8 berada pada kriteria cukup baik, kemudian tempat dengan nilai 63.28 berada pada kriteria cukup baik, dan minat beli dengan hasil penilaian 55.85 berada pada kriteria cukup baik.
Hasil pengolahan data menggunakan metode verifikatif bahwa secara parsial produk berpengaruh positif terhadap minat beli, secara parsial harga berpengaruh positif terhadap minat beli dengan, secara parsial promosi berpengaruh positif terhadap minat beli, secara parsial tempat berpengaruh positif terhadap minat beli, dan produk, harga, promosi, tempat secara simultan berpengaruh positif terhadap minat beli pada factory outlet Blossom Dago.

Published
2021-12-24