PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN, INVESTASI PADA SURAT BERHARGA, DAN PENEMPATAN PADA BANK INDONESIA TERHADAP PERTUMBUHAN LABA BERSIH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI

Periode 2007-2016

  • Agus Rohiman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Yoyo Sudaryo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Keywords: Pertumbuhan Pembiayaan, Investasi Pada Surat Berharga, Penempatan Pada Bank Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Pembiayaan (X1), Investasi pada Surat Berharga (X2), dan Penempatan pada Bank Indonesia (X3) terhadap Laba Bersih (Y) pada PT Bank Syariah Mandiri Periode Tahun 2007 – 2016. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sampel, sedangkan teknik sampling yang ditetapkan adalah purposive sampling. Selanjutnya  metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif dan verifikatif yang meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi dan korelasi, uji signifikansi persamaan regresi dan koefisien korelasi, serta analisis koefisien determinasi.

Berdasarkan proses analisis dan uji statistik terhadap data sampel diperoleh  F-hitung = 8,677 > F-tabel = 4,76, df = (3,6), p-value = 0,013 < α (0,05)  artinya H0 ditolak. Dengan demikian, Pertumbuhan Pembiayaan (X1), Pertumbuhan Investasi pada Surat Berharga (X2), dan Pertumbuhan Penempatan pada Bank Indonesia (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba Bersih (Y). Selanjutnya berdasarkan analisis koefisen determinasi diperoleh nilai KD sebesar 81,30%, yang mengandung arti bahwa 81,30% variasi nilai pada variabel Pertumbuhan Laba Bersih (Y) dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh Pertumbuhan Pembiayaan  (X1), Pertumbuhan Investasi pada Surat Berharga (X2), dan Pertumbuhan Penempatan pada Bank Indonesia (X3) secara simultan. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 18,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published
2022-08-31