PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Suatu Survei Pada Konsumen Hino Dutro Pt. HMSI

  • Dea Jenal Mutakin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Gurawan Dayona Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Keywords: Brand Association, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Suatu brand memiliki asosiasi yang akan mempengaruhi persepsi, pandangan masyarakat atau konsumen terhadap perusahaan atau produknya. Sehingga persepsi yang positif tersebut akan mempengaruhi kepuasan konsumen yang akan berdampak pada keputusan pembelian produk tersebut.

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan verifikatif dan bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh Brand Association terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen baik secara simultan maupun secara parsial pada konsumen HINO DUTRO PT.HMSI. Sumber data diperoleh melalui data primer pada pelanggan HINO DUTRO PT.HMSI. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus machin & Campbell. Jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 112. Teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan Program SPSS 21.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan analisis dekriptif, Brand Association HINO DUTRO PT. HMSI sudah baik., kepuasan konsumen dinilai baik, loyalitas konsumen sudah baik. Berdasarkan model jalur (Analisis path) diketahui bahwa koefisien jalur dari variabel brand association terhadap variabel kepuasan konsumen maupun brand association terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen bertanda positif, artinya brand association akan meningkatkan kepuasan konsumen begitu pula brand association melalui kepuasan konsumen akan meningkatkan loyalitas konsumen.

            Hasil pengolahan data menggunakan metode verifikatif bahwa secara parsial terdapat pengaruh brand association terhadap kepuasan konsumen HINO DUTRO PT. HMSI; terdapat pengaruh brand association terhadap loyalitas konsumen HINO DUTRO PT. HMSI; terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen HINO DUTRO PT. HMSI, serta secara simultan terdapat pengaruh brand association terhadap kepuasan konsumen dan berdampak terhadap loyalitas konsumen HINO DUTRO PT.HMSI baik secara parsial maupun simultan.

Published
2019-04-29