PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM

Studi Kasus Pada Perusahaan Property Real Estate and Building Construction Yang Terdaftar di BEI LQ-45 Periode Tahun 2008 - 2017

  • Febriana Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Yoyo Sudaryo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Keywords: Harga Saham, CR, DER, TATO, ROA, EPS, PBV

Abstract

Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas Dan Rasio Pasar Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Property, Real Estate and Building Construction yang Terdaftar Di BEI LQ-45 Periode 2008-2017).  

Harga saham merupakan nilai sekarang dari penghasilan yang diterima pemodal dimasa akan datang yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar modal. Dalam berinvestasi saham di pasar modal, yang perlu dilakukan investor adalah menganalisis harga saham. Salah satunya adalah melihat nilai CR, DER, TATO, ROA, EPS dan PBV perusahaan tersebut. CR, TATO, ROA, EPS dan PBV yang tinggi mencerminkan perusahaan profitable dan memberikan sinyal positif pada investor untuk berinvestasi, sedangkan DER yang tinggi mencerminkan tingkat hutang perusahaan yang tinggi sehingga mengurangi minat investor berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh CR, DER, TATO, ROA, EPS dan PBV terhadap Harga Saham Perusahaan Property Real Estate and Building Construction yang terdaftar di BEI LQ-45. Penelitian ini mengambil 5 sampel Perusahaan Property Real Estate and Building Construction yang terdaftar di BEI LQ-45 periode tahun 2008-2017 dengan metode Non Probability Sampling yaitu metoda purposive sampling.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial CR dan TATO tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan DER, ROA, EPS dan PBV berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.

 

Published
2019-04-29