KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI PROFESIONALISME, SEMANGAT KERJA YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA GURU DI SMK PROFITA BANDUNG

  • Muhamad Lutfi Hakim Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
Keywords: Kepemimpinan Transaksional, Budaya Organisasi, Kompetensi Profesionalisme, Semangat Kerja dan Kinerja.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji seberapa besar pengaruh Pengaruh Kepemimpinan Transaksional, Budaya Organisasi, dan Kompetensi Profesionalisme guru terhadap Semangat Kerja yang berimplikasi pada Kinerja Guru dan bagaimana kondisi masing-masing variabel yang diteliti.

Adapun metode penelitian yang dipergunakan adalah metode pengambilan sampel menggunakan teknik Analisis jalur dan melibatkan lima variabel yang terdiri dari tiga variabel eksogen dan dua variabel endogen.

Berdasarkan hasil analisis verifikatif disimpulkan bahwa Kepemimpinan Transaksional, Budaya Organisasi dan Kompetensi Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja baik secara parsial maupun simultan. Selanjutnya Semangat Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja.

Dengan demikian semakin baik Kepemimpina Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Kompetensi Profesionalisme, maka semakin baik dalam semangat kerja yang akan berdampak pada Kinerja Guru.

Published
2021-08-18