PENGARUH PENILAIAN PRESTASI KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK KANTOR KAS RS SENTOSA BANDUNG

  • Suherman Suherman Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
  • Evy Ismayanty Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
Keywords: Penilaian Prestasi Kerja, Motivasi Kerja Karyawan.

Abstract

Sumber Daya Manusia sangat penting bagi perusahaan, karena sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penggerak operasional perusahaan dalam menjalankan usahanya, maka penulis melakukan penelitian mengenai “Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Kas RS. Santosa Bandung”.

Penulis menggunakan koefisien korelasi untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara variabel penilaian prestasi kerja dengan motivasi kerja karyawan, dan diperoleh sebesar 0,410 yang artinya menunjukan bahwa hubungan berkekuatan sedang antara penilaian prestasi kerja dengan motivasi kerja karyawan.

Dengan t-hitung sebesar 2,377 lebih besar dari nilai t-tabel 1,701 , maka hipotesis dapat diterima artinya bahwa penilaian prestasi kerja mempunyai hubungan positif terhadap motivasi kerja, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap motivasi kerja karyawan dihitung dengan menggunakan determinasi, hasilnya didapat sebesar 16,8%, dan sisanya 83,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kompensasi, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, hubungan antar rekan kerja dan fasilitas yang tidak diamati dalam penelitian ini.

 

Published
2021-08-18