PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

(Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQa)

  • Illham Dwi Nugroho Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Siti Sarah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
Keywords: Brand Image, Celebrity Endorser dan Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan proses penilian dan pemilihan dari berbagai alternative dan menetapkan pilihan yang paling menguntungkan bagi seorang konsumen. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian salah satunya adalah Brand Image dan Celebrity Endorser. Brand image yang diteliti adalah brand identity, brand personality, brand association, brand attitude & behavior, brand benefit & competence. Dan celebrity endorser yang diteliti adalah celebrity credibility, celebrity attractiveness dan celebrity suitability.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling pada 100 responden. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keputusan Pembelian dinilai baik oleh responden dengan skor 2.424. (2) Brand Image dinilai baik oleh responden dengan skor 1.419. (3) Celebrity Endorser dinilai baik oleh responden dengan skor 1.028. (4) Brand Image secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (5) Celebrity Endorser berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai 60%. (6) Brand Image dan Celebrity Endorser secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai sebesar 38,1%.

Published
2021-08-18