PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA SEKTOR SEKTOR PERTAMBANGAN BATU BARA DI BEI TAHUN 2012 – 2019

  • Kasir Kasir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
Keywords: Ukuran Perusahaan, Intensitas Modal, Return on Assets

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan intensitas modal terhadap return on assets pada perusahaan sektor pertambangan batubara.

Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder dengan sampel sebanyak 6 perusahaan dari 22 perusahaan yang terdaftar di BEI sektor pertambangan batubara. Adapun model regresi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisa Regresi Berganda.

Hasil penelitian ini secara uji t (parsial) menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap return on assets dan intensitas modal terhadap return on assets. Sedangkan secara uji F (simultan) menunjukan bahwa ukuran perusahaan dan intentista modal secara bersama-sama berpengaruh terhadap return on assets yaitu sebesar 35,40%, sisanya sebesar 64,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di masukan dalam penelitian ini, seperti current ratio, debt to equity ratio dan pertumbuhan penjualan.

Published
2021-04-02