PENGARUH HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT BELI EMINA KOSMETIK

  • Nisa Elvina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
  • Siti Sarah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
Keywords: Harga, Electronic Word Of Mouth (EWOM), Minat Beli

Abstract

Peningkatan penjualan produk kosmetik meningkat secara terus menerus dari tahun ke tahun. Dengan hasil pra kuesioner mengenai variabel minat beli Emina Kosmetik dapat disimpulkan bahwa minat beli Emina Kosmetik bermasalah. Harga sangat mempengaruhi minat beli dikarenakan kemampuan konsumen melakukan pembelian dengan membandingkan manfaat yang akan dia dapat dengan pengorbanan yang dikeluarkan sangatlah diperhatikan. Electronic Word Of Mouth (EWOM) juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi Emina Kosmetik untuk meningkatkan branding dan mempromosikan produk kosmetik secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai pengaruh harga dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat beli pada Emina Kosmetik.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data di dapat melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: Analisis deskriptif, analisis verifikatif dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tanggapan Minat Beli produk Emina Kosmetik menunjukkan kategori kurang baik dengan total skor sebesar 1.677. (2) tanggapan harga produk Emina Kosmetik menunjukkan kategori baik dengan total skor sebesar 2.082. (3) tanggapan Electronic Word Of Mouth EWOM) terhadap produk Emina Kosmetik menunjukkan kategori kurang baik dengan total skor sebesar 2617. (4) nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,294 yang berarti Harga memiliki pengaruh terhadap Minat Beli sebesar 29,4%. (5) nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,315 yang berarti Electronic Word Of Mouth (EWOM) memiliki pengaruh terhadap Minat Beli sebesar 31,5%. (6) nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,407 yang berarti bahwa perubahan Minat Beli dipengaruhi oleh perubahan Harga dan electronic word of mouth (EWOM) sebesar 40,7%.

Published
2021-04-02