PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPETENSI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PADA BAGIAN TATA USAHA DI BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI CITARUM PROVINSI JAWA BARAT

  • R. Chandy Royantie RIR Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
  • Tati Sumarti Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi, dan Motivasi Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional (X1) dan kompetensi (X2) terhadap motivasi kerja (Y) dan dampaknya pada kinerja pegawai (Z) di Bagia Tata Usaha Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Provinsi Jawa Barat baik secara stimultan maupun secara partial.

Metode penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Untuk menguji hipotesa penelitian digunajan metode statistika analisis jalur (path analysis) dengan mengunakan program SPSS 20.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan variabel kepemimpinan transformasional dan kompetensi baik secara partial maupun stimultan memberikan kontribusi pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi demikian juga terhadap kinerja. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformational dan kompetensi terhadap motivasi serta dampaknta terhadap kinerja pegawai, sedangkan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.

Published
2021-04-02