PENGARUH STRATEGI INTEGRASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI PT. KEWALRAM

  • Tati Sumarti Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
  • Vera Garniati Sinta Dewi Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
Keywords: Strategi Integrasi, Kinerja Perusahaan

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat yang terjadi di dalam pemasaran terutamanya saluran distribusi membuat perusahaan-perusahaan bekerja keras melakukan berbagai strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan. Salah satunya yaitu membangun strategi integrasi dengan mensinergikan segala kekuatan perusahaan guna meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini menganalisis berkaitan dengan strategi integrasi, yaitu pemeliharaan hubungan, keunggulan bersaing, komitmen yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Sampel penelitian ini adalah 30 0rang perusahaan industri kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditingkatkan melalui strategi integrasi. Strategi Integrasi dipengaruhi oleh tingkat hubungan, keunggulan bersaing, dan komitmen. Implikasi teoritis yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat hubungan, keunggulan bersaing dan komitmen berpengaruh terhadap kinerja perusahaan melalui variabel intervening, yaitu pemeliharaan hubungan, keunggulan bersaing, komitmen yang dapat disarankan adalah bahwa membangun kerjasama yang saling menguntungkan kedua perusahaan dengan adanya kepercayaan, fleksibilitas, dan adanya dependensi merupakan aspek yang perlu diperhatikan guna mencapai kinerja yang efesien dan efektif.

Published
2021-04-02