PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN DI PT. MULTI TOP INDONESIA

  • Nur Adia Cahyadi Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
  • Tati Sumarti Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
Keywords: Budaya Perusahaan, Lingkungan Kerja dan Semangat Kerja

Abstract

Budaya perusahaan berfungsi sebagai pedoman kerja atau landasan untuk berprilaku bagi karyawan. Dengan mengetahui budaya perusahaan karyawan akan bertindak sesuai dengan aturan yang telah digariskan. Selain budaya perusahaan, kondisi lingkungan kerja pun dapat berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan dalam mengerjakan tugasnya. Dengan adanya budaya perusahaan dan lingkungan kerja yang baik, kemungkinan akan menyebabkan para karyawan merasa dirinya termotivasi untuk berprestasi sebaik mungkin karena akan mempunyai semangat kerja yang tinggi sesuai yang diharapkan perusahaan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling yaitu simple random sampling didapat jumlah sampel sebanyak 83 orang.

Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, metode successive interval, analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis.

Hasil analisis penelitian, diperoleh: Koefisien regresi linier berganda Y=2,253 + 0,297 X1 + 0,608 X2 + , koefisien korelasi ganda R= 0,782, koefisien determinasi Kd= 61,2% yaitu adanya pengaruh yang signifikan, dan hasil pengijian hipotesis yaitu Fhitung 63,145 > Ftabel 3,17 maka hipotesis alternativediterima.

 

Published
2021-04-02