UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA PENGEMUDI GO-JEK DI KABUPATEN GARUT

  • Ridlwan Muttaqin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
Keywords: Reward, Punishment, Kepuasan Kerja, Go-Jek.

Abstract

Kepuasan kerja merupakan konsep penting dalam organisasi bisnis yang berkembang dan telah muncul sebagai salah satu isu penting yang dibahas dan dipahami dalam manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai reward, punishment, dan kepuasan kerja serta bagaimana pengaruh reward dan punishment terhadap kepuasan kerja pengemudi Go-Jek di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan explanatory survey dengan teknik simple random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pengemudi Go-Jek di Kabupaten Garut dengan jumlah sampel 370 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan alat bantu software komputer SPSS 25.0. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-statistik. Sedangkan R² digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward dan punishment yang terjadi di perusahaan Go-Jek sudah sangat efektif. Sehingga hal ini membuat reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pengemudi Go-Jek di Kabupaten Garut.

Published
2021-04-02