STRATEGI BISNIS DALAM MENGEMBANGKAN USAHA PADA KELOMPOK TANI KOPI BUNTIS

  • Fanji Wijaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
Keywords: Industri Kopi, Analisis SWOT, Manajemen Strategi

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan pertanian yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia, yaitu sebagai penghasil devisa, sumber pendapatan petani, penghasil bahan baku industri, penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah. Kelompok Tani Kopi Buntis adalah merupakan wadah berkumpulnya segenap petani yang memiliki lahan pertanian perkebunan yang masih belum maksimal pengolahannya. Permasalahan yang di hadapi petani kopi Buntis cukup kompleks, mulai dari hulu hingga ke hilir. Di sisi hulu, tingkat produktivitas kopi sangat rendah dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang disebut juga penelitian naturalistik dan dengan menggunakan metode deskriptif analitik ialah metode pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat karena metode deskriptif merupakan metode untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kegiatan. Penelitian ini tidak menguji hipotesis”. Teknik-teknik perumusan strategi menggunakan analisis SWOT

Hasil penelitian pada analisis SWOT menunjukan bahwa Kelompok Tani Kopi Buntis berada pada kuadran VIII dengan strategi yang tepat untuk kondisi saat ini terdiri dari harvest strategy atau divestiture strategy, strategi ini dilakukan dalam rangka penambahan modal dari suatu rencana investasi atau untuk menindaklanjuti strategi akuisisi yang telah diputuskan untuk proses selanjutnya. Pengembangan pasar, penetrasi pasar dan pengembangan produk secara spesifik.

Published
2021-04-02