ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF NUMBER OF COUNTRY MANCA TOURISM, FOREIGN DEBT, INFLATION, AND BANK INDONESIA (BI) RATE AND ITS EFFECT ON THE GROWTH OF ECONOMIC ACHIEVEMENT THROUGH GROSS DOMESTIK PRODUCTS (GDP)

  • M A Hamda Roni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
  • Ismi Iswandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
Keywords: Hutang Luar Negeri, Inflasi, Bi Rate Prestasi Ekonomi, Produk Domestik Bruto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang timbul dalam hubungannya dengan pengaruh variable X1 - X4 yang secara berturut-turut terdiri dari: jumlah wisatawan manca negara, hutang luar negeri, inflasi dan BI rate terhadap variable Y (PDB). Data dikumpulkan melalui library research merupakan time series data selama 11 tahun terakhir mulai 2009 sampai dengan 2019 yang berasal dari Laporan Biro Pusat Statistik dan Laporan Bank Indonesia. Selanjutnya data diolah menggunakan analisis statistic deskriptif dan verivikatif.

Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan manca negara dan hutang luar negeri cenderung terus mengalami pertumbuhan selama 11 tahun terakhir dengan rata-rata setiap tahun masing-masing sebesar 10,36 juta jiwa dan $ US.286.898 juta. Selanjutnya besaran tingkat inflasi dan buku bunga atau BI rate cenderung berfluktuasi dengan rata-rata setiap tahun masing-masing sebesar 4,59% dan 6,5%, sedangkan produk domestik bruto atas dasar harga berlaku terus mengalami kenaikan dengan rata-rata setiap tahun sebesar Rp.10.504 triliun. Kemudian pada level kepercayaan 5%, secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari kunjungan wisatawan mancanegara, hutang luar negeri, tingkat inflasi dan BI rate terhadap pertumbuhan prestasi ekonomi. Selanjutnya nilai Koefisien Determinasi (Adjusted R Squared) sebesar 0,9779 artinya sebesar 97,79% di mana perubahan – perubahan pada Produk Domestik Bruto dapat dijelaskan oleh kunjungan wisatawan manca negara, hutang luar negeri, tingkat inflasi dan BI rate sedangkan sisanya sebesar 2,21% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published
2020-12-22