PENINGKATAN MUTU PELAYANAN BERDASARKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SPL_SSC BANDUNG

  • Sopi Sopian Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung
Keywords: Kualitas Pelayanan, Quality Function Deployment (QFD), House of Quality

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan akan kualitas jasa pelayanan di lembaga bimbingan belajar. Bimbingan belajar merupakan lembaga jasa yang mengutamakan kualitas pelayanan dalam prakteknya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh data mengenai keinginan dan kebutuhan jasa layanan yang dinginkan siswa dan bagaimana pengembangannya dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan matrik House of Quality. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga bimbingan belajar SPL_SSC Bandung. Hasil penelitian menemukan bahwa dari ke lima dimensi kulitas jasa pelayanan dengan perancangan HOQ dihasilkan prioritas utama yang perlu dikembangkan adalah perhatian staf pengajar/tentor terhadap minat dan bakat siswa, menjalankan tugas dengan baik, dan konsultasi akademik. Nilai-nilai yang dihasilkan adalah Dengan membuat rumah mutu/House of Quality (HOQ) dari metode Quality Function Deployment, maka dapat diketahui kebutuhan dan keinginan siswa dalam hal pelayanan di SPL_SSC Bandung dapat diketahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki/ditingkatkan oleh lembaga SPL_SSC Bandung

Published
2020-12-21