PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MEGA AUTO CENTRAL FINANCE BANDUNG

  • Fajar Rahadian Program Studi Manajemen STIE Tridharma Bandung

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance Bandung.

Adapun metode penelitian yang dipergunakan adalah survey explanatory. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan korelasi untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh antara variable tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan adalah hasil analisa regresi dihasilkan persamaan regresi linier Y = 7.39 + 0,2X. Nilai b sebesar 0,2, berarti bahwa setiap perubahan variabel independen X = kompensasi finansial sebanyak 1 kali diimbangi dengan perubahan variabel dependen Y = kinerja karyawan sebesar 0,2 skore. Karena nilai b = 0,2 positif, maka tiap kenaikan maupun penurunan kompensasi finansial akan diimbangi dengan kenaikan maupun penurunan kinerja karyawan.

Adapun dari nilai koefisien determinasi sebesar 18,66 %. Jika dihubungkan dengan hasil penelitian, maka besarnya pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance adalah sebesar 18,66 % dan sisanya sebesar 81,34 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Published
2021-01-18