PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA SUB SEKTOR PULP DAN KERTAS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009 SAMPAI 2016

  • Dwi Sugiyantoro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA)
Keywords: Struktur Modal, Debt to Equity Ratio (DER), Return on Assets (ROA), Harga Saham, Profitabilitas

Abstract

Harga saham adalah harga pasar, yaitu harga yang ditransaksikan melalui bursa efek, dimana harga saham tersebut dapat berfluktuatif yang dapat dipengaruhi oleh faktor keuangan maupun non keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel dari faktor keuangan yang terdiri dari Struktur Modal dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), Return on Assets (ROA) berpengaruh terhadap harga saham.

Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Industri Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Sub Sektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling method, berdasarkan kriteria-kriteria yang telah diseleksi diperoleh 7 perusahaan sebagai sampel penelitian Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis verifikatif.

Hasil penelitian ini membuktikan secara parsial bahwa Struktur Modal/Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap harga saham dan Return on Assets (ROA) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa pengaruh Struktur Modal/Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Assets (ROA) secara simultan mempengaruhi harga saham sebesar 24,8% sedangkan sisanya (75,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Struktur Modal/Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Assets (ROA) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.

 

Published
2020-12-22