PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN KOMPENSASI MANAJEMEN KUNCI DI LAPORAN KEUANGAN

(Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

  • Yoyo Sudaryo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA)
  • Astrin Kusumawardani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA)
Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Luas Pengungkapan Kompensasi Manajemen Kunci di Laporan Keuangan

Abstract

Pengungkapan kompensasi manajemen kunci di laporan keuangan merupakan pengungkapan wajib yang tertera dalam PSAK No. 7 (Revisi 2015) tentang Pengungkapan Pihak-pihak Berelasi. Kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional pada suatu perusahaan dapat meningkatkan fungsi pengawasan dan menyamakan kepentingan antara agen dan pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap luas pengungkapan kompensasi manajemen kunci di laporan keuangan pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel sebanyak 16 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda data panel dengan uji hipotesis uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan kompensasi manajemen kunci di laporan keuangan. Secara parsial kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap luas pengungkapan kompensasi manajemen kunci di laporan keuangan, sedangkan kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap luas pengungkapan kompensasi manajemen kunci di laporan keuangan.

Published
2020-12-22