PENGARUH SISTEM INFORMASI DAN AKUNTANSI TERHADAP PENGENDALIAN INTERNAL DAN DAMPAKYA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGGAJIAN DI KANTOR PUSAT UNIVERSITAS PASUNDAN

  • Shanty Purwanty Program Studi Akuntansi STIE Tridharma Bandung
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal, Efektifitas Penggajian.

Abstract

Sistem informasi akuntansi (SIA) digunakan dalam organisasi melalui pemanfaatan sarana yang memadai baik software maupun hardware, termasuk juga perangkat SDM penunjang dan pelaksana. Sistem ini dapat menunjang mekanisme pengendalian internal administrasi sumber daya manusia (SDM) terutama dalam pengelolaan penggajian pegawai berdasarkan data kehadiran dan kinerja.

Tujuan penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis keterhubungan antara Sistem Informasi Akuntansi dengan Pengendalian Internal dan dampaknya terhadap Efektifitas Penggajian melalui penghimpunan dan pencatatan data kehadiran dan kinerja karyawan Kantor Pusat Universitas Pasundan. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan penggunaan statistik parametrik dan model analisis jalur (path analysis).

Hubungan sistem informasi akuntansi dengan pendendalian internal dinyatakan kuat. Hubungan antara pengendalian internal dengan efektifitas penggajian dinyatakan sedang, dan hubungan antara sistem informasi akuntansi dengan efektifitas penggajian dinyatakan kuat.

Published
2020-08-25