PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT, PENGENDALIAN INTERNAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN 2018

  • Neneng Sayidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (INABA)
  • Yayu MarYuni Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Keywords: Total Quality Management, Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi, Kinerja Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Total Quality Management, Pengendalian Internal, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Organisasi pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2018. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dan penyebaran kuesioner kepada 50 responden. Pengambilan sampel menggunakan Sampel Total. Untuk mengukur besarnya pengaruh keempat variabel digunakan Analisis uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi, dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 25.0.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Total Quality Management berada pada kategori baik dengan presentase skor sebesar 78,27%. (2) Pengendalian Internal pada kategori baik dengan presentase skor sebesar 79,89%. (3) Komitmen Organisasi pada kategori baik dengan presentase skor sebesar 70,60%. (4) Kinerja Organisasi pada kategori baik dengan presentse skor sebesar 79,22%. (5) Total Quality Management secara parsial memberikan pengaruh terhadap terhadap Kinerja Organisasi sebesar 15,586%. (6) Pengendalian Internal secara parsial memberikan pengaruh terhadap Kinerja Organisasi sebesar 41,507%. (7) Komitmen Organisasi secara parsial memberikan pengaruh terhadap Kinerja Organisasi sebesar 22,340%. (8) Total Quality Management, Pengendalian Internal, dan Komitmen Organisasi memberikan pengaruh secara simultan terhadap Kinerja Organisasi sebesar 79,4% sedangkan sisanya sebesar 20,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Published
2020-08-25