PENGARUH EARNING MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERBANKAN PEMERINTAH TAHUN 2012 - 2016

  • Kasir Kasir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA)
Keywords: Earning Management, PDKI, ROE, PER dan Bank Pemerintah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen laba, proporsi dewan komisaris indenpende dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perbankan pemerintah.

Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder semua bank pemerintah yang terdaftar di BEI dari tahun 2012 – 2017 yaitu Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BRI. Adapun model regresi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisa Regresi Berganda.

Hasil penelitian ini secara uji t (parsial) menunjukan bahwa earning management tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaah corporate governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaah. Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa nilai Fhitung<Ftabel (1,345>3,20) maka H0 diterima, artinya variabel earning management, corporate governance dan profitabilitas secara simultan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi, yang menunjukkan arti bahwa earning management, corporate governance dan profitabilitas memberikan pengaruh simultan (bersama-sama) sebesar 20,2% terhadap nilai perusahaan. Sedangkan sisanya sebesar 79,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di masukan dalam penelitian ini, seperti Struktur Asset, Debt To Equity dan Kebijakan Deviden.

Published
2017-04-29