PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. CINTA AIR MINUM
Abstract
Di era digital saat ini, perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif karena persaingan di dunia bisnis saat ini semakin meningkat dan tidak mengenal batas. Inilah yang mendasari pemikiran akan perlunya sistem manajemen terpadu seperti Total Quality Management untuk menghasilkan berbagai produk dan layanan berkualitas tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Total Quality Management di PT. Cinta Air Minum, keunggulan kompetitif di PT. Cinta Air Minum, dan pengaruh penerapan Total Quality Management dengan keunggulan kompetitif di PT. Cinta air minum.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif asosiatif. Untuk mengukur penerapan Total Quality Management dan keunggulan kompetitif, kuesioner dibagikan kepada 33 responden yang terlibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa TQM secara simultan mempengaruhi keunggulan kompetitif. Penerapan Total Quality Management mempengaruhi keunggulan kompetitif di PT. Air Minum Cinta dengan koefisien determinasi 88,7% sedangkan sisanya 11,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.