PENGARUH BUDAYA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BERBASIS HUMAN RESOURCES (HR) SCORECARD DI PT LEN INDUSTRI SUBDIVRE BANDUNG

  • Yoyo Sudaryo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangung (STIE INABA)
  • Astrin Kusumawardani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangung (STIE INABA)
Keywords: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Perusahaan Berbasis Human Resources Scorecard

Abstract

Karyawan sebagai sumber daya manusia dalam suatu perusahaan merupakan faktor penting bagi peningkatan produktifitas atau kemajuan perusahaan. Dengan pengukuran Balance Scorecard dapat menggambarkan adanya kesinambungan antara tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Kinerja adalah hasil dari suatu proses yang mengacu dan diukur selama periode waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi Kinerja Perusahaan yaitu Budaya organisasi dan Komitmen Organisasi. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh buaya dan komitmen organisasi terhadap kinerja perusahaan berbasis human resources scorecard pada PT Len Industri .

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Budaya organisasi PT Len Industri berada pada kategori kurang baik (1486). (2) Komitmen organisasi PT Len Industri berada pada kategori kurang baik (852). (3) Kinerja perusahaan berbasis human resources scorecard berada pada kategori kurang baik (1687). (4) Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan berbasis human resources scorecard PT Len Industri sebesar 0,701 (kuat) dan memiliki pengaruh. (5) Komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan berbasis human resources scorecard PT Len Industri sebesar 0,560 (sedang) dan memiliki pengaruh positif dan signifikan. (6) Budaya dan Komitmen Organisasi secara simultan tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan berbasis human resources scorecard PT Len Industri sebesar 0,605 (kuat) dan memiliki pengaruh positif.

Published
2020-04-22