ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGURANGAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB P2)

  • Eko Setyanto Universitas Nasional Pasim
Keywords: FAST, PIECES, sistem informasi pengurangan PBB P2

Abstract

Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan atau Pedesaan (PBB P2) merupakan kegiatan pelayanan dari Badan Pengelola Pendapatan (BAPPENDA) atas permohonan pengurangan PBB, pelayanan pengurangan PBB P2 merupakan salah satu faktor pendukung kinerja organisasi. BAPPENDA berencana membangun sistem informasi pengurangan PBB P2 baru karena menurut bisnis analis BAPPENDA, saat ini sistem pengurangan PBB P2 masih dilaksanakan secara manual sehingga BAPPENDA akan bekerja sama dengan dengan pengembang sistem untuk mengembangkan sistem sistem informasi pengurangan PBB P2 baru.

Penelitian ini bertujuan merancang analisis kebutuhan dan dokumentasi perancangan sistem atas solusi dari masalah yang ditimbulkan sistem sistem informasi pengurangan PBB P2 lama pada  Pada Badan Pengelola Pendapatan Daerah, agar sistem informasi pengurangan PBB P2 yang dibuat oleh pengembang sistem dapat berjalan seperti apa yang diinginkan sehingga pelayanan Pengurangan PBB P2 dapat berjalan efektif, efisien dan ekonomis. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi dan studi literatur. Uji ketepatan data dalam penelitian ini menggunakan uji triangulasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis perancangan dilakukan menggunakan metode FAST (Framework for the Application of System Thinking) pada empat fase awal. Pada tiga fase pertama dihasilkan hasil analisis kebutuhan dengan PIECES sebagai kerangka untuk klasifikasi masalah, pada fase desain logis dihasilkan usecase diagram, Data Flow Diagram, Diagram Proses Bisnis, Bagan Alir Dokumen (Document Flowchart), Conceptual Data Model, Physical Data Model.

Hasil penelitian ini menghasilkan Kajian dan dokumen analisis Perancangan Sistem Informasi Pengurangan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB P2) Pada Badan Pengelola Pendapatan Daerah.

Published
2019-12-02