FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEBERHASILAN PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA DI BANK UMUM PADA UKM DI KABUPATEN BANDUNG

  • Palupi Permata Rahmi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Ezra Karamang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Keywords: UKM, Penyaluran Kredit, Kredit Modal Kerja, Kabupaten Bandung

Abstract

Penyaluran kredit modal kerja di Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ketahun, tetapi persentase pertumbuhannya cenderung mengalami penurunan, padahal penyaluran kredit modal kerja dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan penyaluran kredit modal kerja yang sifatnya produktif akan mengakibatkan multiplier effect (efek pengganda) di sector ekonomi lain. Selain permasalahan di atas, tidak semua masyarakat dan usaha kecil dan menengah dapat mengakses kredit modal kerja yang disalurkan oleh bank, khususnya bank umum. Hal ini dikarenakan upaya penyaluran kredit bank menggunakan penilaian 5C, yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition, yang mana persyaratan ini sulit dipenuhi oleh beberapa kalangan masyarakat dan lembaga usaha, terutama usaha kecil dan menengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penyaluran kredit modal kerja di Bank Umum pada UKM di Kabupaten Bandung.

Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskritif dan verifikatif, sedangkan metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu sejumlah 50 UKM di Kabupaten Bandung. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyaluran kredit modal kerja di Bank Umum pada UKM di Kabupaten Bandung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Character, Capacity, dan Condition berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan penyaluran kredit modal kerja di Bank Umum pada UKM di Kabupaten Bandung. Sedangkan Capital, Colaterall tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan penyaluran kredit modal kerja di Bank Umum pada UKM di Kabupaten Bandung. Hasil pengujian secara bersama-sama, Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Penyaluran Kredit Modal Kerja di Bank Umum Pada UKM di Kabupaten Bandung.

Published
2019-12-02