PENGARUH FASHION LIFESTYLE, DESIGN, DAN SELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION

(Studi Pada UMKM Cibaduyut, Bandung)

  • Siti Sarah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Adryan Rachman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Tri Febrianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
Keywords: Fashion Lifestyle, Design, Selebrity Endorser, Purchase Intention

Abstract

UMKM menjadi fokus pemerintah dan tulang punggung perekonomian nasional karena merupakan populasi pelaku usaha dominan (99,9%) yang berperan besar terhadap penyediaan lapangan pekerjaan dan mendukung proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan stabilitas nasional. UMKM sepatu di Cibaduyut menjadi perhatian peneliti, dari pra survey yang disebar kepada 97 orang, hanya 22% diantaranya yang berminat untuk membeli produk sepatu Cibaduyut, hal ini diduga karena beberapa faktor diantaranya Fashion Lifestyle, Design, dan Selebrity Endorser.

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor Fashion Lifestyle, Design, dan Selebrity Endorser terhadap Purchase Intention (Studi pada produk sepatu UMKM Cibaduyut, Bandung) dengan jumlah sampel 97 diambil secara Judgement Sampling. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian explanatory.

Hasil penelitian secara deskriptif variable Purchase Intention, Fashion Lifestyle, Design, dan Selebrity Endorser berada pada posisi biasa saja, Secara parsial pengaruh fashion lifestyle terhadap purchase intention memiliki nilai t-hitung sebesar 2,798. Maka dapat disimpulkan bahwa fashion lifestyle berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Pengaruh design terhadap purchase intention memiliki nilai t-hitung sebesar 2,710. Maka dapat disimpulkan bahwa design berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention memiliki nilai t-hitung sebesar 1,659. Maka dapat disimpulkan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Secara simultan menunjukkan adanya pengaruh antara fashion lifestyle, design dan celebrity endorser terhadap purchase intention. Hal tersebut ditunjukkan oleh R-Square sebesar 0,598 (59,8%).

Published
2019-12-02