PENGARUH MOTIVASI, KEPERCAYAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP IMPLEMENTASI KNOWLEDGE SHARING PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA BANDUNG

  • Fahmi Jahidah Islamy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Dadan Abdul Aziz Mubarok Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi, kepercayaan dan komunikasi terhadap knowledge sharing dosen tetap pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  di Bandung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kausal dan teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Sampel yang diambil adalah dosen tetap PTN di Bandung. Jumlah sampel adalah 119 dosen tetap dan didapat jumlah responden yaitu 119 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Serta variabel yang diteliti adalah motivasi, kepercayaan dan komunikasi terhadap knowledge sharing dosen tetap pada PTN di Kota Bandung. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif motivasi dalam kategori tinggi, kepercayaan pada kategori sangat tinggi dan komunikasi dalam kategori sangat tinggi. Knowledge sharing dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan regresi berganda, hasil uji secara parsial didapatkan bahwa variabel bebas motivasi berpengaruh negative tetapi tidak signifikan terhadap knowledge sharing, variabel bebas kepercayaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing, dan komunikasi memiliki pengaruh positif sigbifikan terhadap knowledge sharing. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa faktor SDM yaitu motivasi kepercayaan dan komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing serta hasil angka R kuadrat (r2) adalah 0,605 atau 60,5%.

Published
2019-12-02