PENGARUH HALAL LIFESTYLE TERHADAP CUSTOMER VALUE SURVEY PADA HOTEL SYARIAH DI BANDUNG

  • Fitri Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas
  • Duduh Sujana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas
Keywords: Halal Lifestyle, Customer Value, Hotel Syariah.

Abstract

Sepuluh tahun terakhir ini, terjadi peningkatan perkembangan gaya hidup yang berorientasi modern dan islami di Indonesia. Perkembangan gaya hidup berorientasi modern dan mengacu pada nilai-nilai Islam tersebut dapat dilihat dari beberapa fenomena salah satunya yaitu hotel syariah. Dimana hotel merupakan salah satu kelengkapan produk wisata yaitu amenitas. Hotel Syariah menjadi tawaran yang menarik dalam rangka meningkatkan kualitas moral dan karakter khususnya di Kota Bandung ini. Dimana hotel syariah harus memenuhi kriteria  Usaha  Hotel  Syariah  yang mencakup aspek produk, pelayanan, dan pengelolaan. Sehingga hotel syariah ini mampu memberikan nilai-nilai sesuai dengan harapan, keinginan dan kebutuhan pelanggan yang menjadi lifestyle orang muslim ketika melakukan wisata.

Penelitian ini bertujun untuk menganalisis lifestyle masyarakat muslim yang melakukan wisata dan nilai yang diberikan hotel syariah kepada pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di enam hotel syariah yang ada di Kota Bandung, dengan waktu penelitian dimulai bulan Januari 2019 sampai dengan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian explanatory untuk mengetahui hubungan kausal antara variabel lifestyle halal terhadap customer value. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu hotel yang menginap di enam hotel syariah yang ada di Kota Bandung. Metode pengambilan sampel dengan cara proposional sampling yaitu menentukan sampel secara proporsional berdasarkan jumlah tamu dari enam hotel syariah yang ada di Kota Bandung dengan menggunakan regresi sederhana.

Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif variabel bebas halal lifestyle (X) sebesar 23% terhadap variabel terikat yaitu customer value (Y).

Published
2019-08-02