PENGARUH BELANJA IKLAN, AUDIENCE SHARE, STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN

(Studi Kasus Pada Perusahan Pertelevisian Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 – 2016)

  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tridharma
Keywords: Belanja Iklan, Audience Share, Struktur Modal, Profitabilitas

Abstract

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran pasal 19 yang menyatakan bahwa bahwa sumber pembiayaan lembaga penyiaran swasta berasal dari iklan dan usaha lain yang sah dengan penyelenggaraan penyiaran sedangkan fungsi kontrol bisnis perusahaan atau audit eksternal perusahaan akan dilakukan oleh akuntan publik dan dipublikasikan kepada masyarakat di media massa berskala nasional. Oleh karena itu pendapatan dari belanja iklan menjadi hal yang sangat penting bagi lembaga penyiaran swasta terutama stasiun televisi karena pendapatan dari belanja iklan menentukan sebuah lembaga penyiaran terutama stasiun televisi untuk dapat memenuhi biaya operasionalnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara parsial dan simultan pengaruh Belanja Iklan, Audience Share, dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas yang diukur menggunakan Return Of Equity pada Perusahaan Pertelevisian Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 – 2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan sumber data diambil dari annual report dan laporan keuangan yang dipublikasikan di www.idx.co.id. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Belanja Iklan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas yang diukur dengan ROE, Audience Share tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROE, Struktur Modal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROE. Sedangkan secara simultan, Belanja Iklan, Audience Share, dan Struktur Modal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas.

Published
2019-08-02