PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN RETURN ON ASSETSS (ROA) TERHADAP HARGA SAHAM

(Studi Kasus Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Priode 2007-2016)

  • Wiwi Warsiati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Resmi Ranti Rosalina
Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA), Harga Saham.

Abstract

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Kondisi keuangan bank merupakan kepentingan semua pihak yang terkait.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis berdasarkan data yang diperoleh, yaitu analisis regresi dan korelasi linier berganda.

Dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan variabel-variabel penelitian secara simultan dapat menggunakan korelasi ganda. Dimana untuk penguji hipotesis penulis menggunakan uji t untuk hipotesis parsial, sedangkan untuk uji F menggunakan uji hipotesis simultan.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa CAR, LDR dan ROA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Dimana besarnya koefisien determinasi CAR, LDR dan ROA dengan harga saham sebesar 0,866 hal ini menunjukan besarnya kontribusi antara CAR, LDR dan ROA dengan harga saham sebesar 86,6% sedangkan sisanya sebesara 13,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu tingkat signifikansi antara CAR, LDR dan ROA terhadap harga saham 0,002 < 0,050 Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR) dan Return On Assets (ROA) terhadap harga saham.

Published
2019-08-02