ANALISIS KANSEI ENGINEERING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN S-COMMERCE

(Studi Kasus Pembelian Produk Fashion Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Kelas Karyawan STIE INABA)

  • Yoyo Sudaryo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun
  • Ana Hadiana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Keywords: Kansei Engineering, Kualitas pelayanan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan Pembelian Produk Fashion di Media Sosial Instagram dipengaruhi oleh Kansei Engineering, Kualitas Pelayana serta Kepercayaan. Semakin berkualitasnya Kansei Engineering, serta semakin baiknya kualitas pelayanan yang diberikan oleh penjual, makan akan menambah kepercayaan pembeli, yang berujung pada keputusan pembelian di S-Commerce

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode verifikatif yang digunakan adalah analisis jalur (path Analisys). Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang disebarkan kepada 95 Mahasiswa Kelas Karyawan STIE INABA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kansei Engineering penjual produk fashion di media sosial Instagram sudah baik, Kualitas layanan penjual produk fashion di media sosial Instagram sudah baik, Kepercayaan konsumen kepada penjual produk fashion di media sosial Instagram sudah baik, Keputusan pembelian konsumen terhadap produk fashion di media sosial Instagram sudah baik, terdapat pengaruh Kansei Engineering terhadap kepercayaan, Artinya terdapat pengaruh kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan, terdapat pengaruh Kansei Engineering dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan secara simultan, terdapat pengaruh Kansei Engineering terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh Kansei Engineering dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian secara simultan, berlaku hubungan linear antara kepercayaan dengan keputusan pembelian dan yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian produk fashion di Instagram yang dilakukan konsumen adalah kepercayaan sebesar 35,4%, diikuti Kansei Engineering sebesar 13,95%, sedangkan kualitas Pelayanan memberikan pengaruh hanya sebesar 11,25%

Published
2017-04-12