PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BAGI MASYARAKAT DI WILAYAH KELURAHAN CIBEBER KECAMATAN CIMAHI SELATAN KOTA CIMAHI

  • Rini Handayani STIE INABA
  • Lenny Komala Dewi STIE INABA
Keywords: Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Dengan semakin pesatnya industri sepeda motor di Indonesia, sehingga
perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran khususnya promosi yang
tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Untuk
memperluas pangsa pasar, maka perusahaan harus mampu mengetahui apa yang
dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Munculnya banyak distributor
sepeda motor sekarang ini, membuat konsumen memperoleh banyak pilihan
sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor. Banyak faktor yang menjadi
pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk.
Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, sedangkan
jenis datanya adalah primer dan sekunder. Data primer diambil dari profil dan
sejarah singkat Kelurahan Cibeber, sedangkan data sekunder berupa kuesioner
dari sampel yang berjumlah 45 orang sebagai responden yang diambil dengan
cara aksidental sampling.
Kegiatan promosi sepeda motor di wilayah Kelurahan Cibeber Kecamatan
Cimahi Selatan Kota Cimahi dari 6 item pernyataan dari 45 responden,
menghasilkan nilai berjumlah 883. Skor ini berada pada interval 702 – 917,5
berada pada kategori cukup setuju.
Keputusan pembelian sepeda motor dari tanggapan responden adalah
sebagai berikut : dari 6 item pernyataan dari 45 responden mencapai skor sebesar
966. Skor ini berada pada interval 918 – 1133,9 berada pada kategori setuju.
Hasil pengolahan data memberikan nilai koefisien korelasi sebesar 0,914. berada
pada rentang 0,800 – 1,000 yaitu hubungan sangat kuat dan searah. Sedangkan
besarnya pengaruh adalah 83,53% dan sisanya sebesar 16,47% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti.
Hasil perhitungan menunjukan t hitung sebesar 14,767 lebih besar dari t
tabel sebesar 1,465 maka H0 ada dalam daerah penolakan dan dan H1 ada dalam
daerah penerimaan. Artinya promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian
sepeda motor di Wilayah Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan.

Author Biographies

Rini Handayani, STIE INABA

Rini Handayani SE, Mahasiswi Program Pascasarjana Unpad

Lenny Komala Dewi, STIE INABA

Lenny Komala Dewi SE, MSi. Dosen STIE INABA

Published
2013-04-29