ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA BLACKBERRY MELALUI ATRIBUT PRODUK

  • Ratna Ekawati STIE INABA
Keywords: Atribut produk, merek, kemasan, label, layanan pelengkap, jaminan, kepuasan pelanggan

Abstract

Untuk mencapai kepuasan, konsumen harus teliti dalam memilih suatu
produk. Konsumen harus melihat manfaat utama dari telepon seluler, apakah
sudah sesuai dengan selera, dan yang lebih penting lagi adalah atribut-atribut
tambahan dari telepon seluler. Maka dari itu persaingan diantara perusahaan
telepon seluler sangat ketat dalam meningkatkan kekuatan atribut produknya.
Penelitian ini merupakan penelitan asosiatif dengan unit analisis pengguna
BlackBerry di Kota Bandung. Sampel diambil mengunakan teknik sampling
insidental dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Pengolahan data
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Secara simultan Atribut Produk memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Kepuasan pengguna blackberry. Secara parsial, kepuasan pengguna
blackberry lebih dominan dipengaruhi oleh Jaminan, Kemasan dan Layanan
Pelangkap.

Author Biography

Ratna Ekawati, STIE INABA

Ratna Ekawati, SE., M.Si. adalah dosen tetap pada program studi Manajemen S1
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung. Ia menyelesaikan pendidikan
Sarja Ekonomi Jurusan Manajemen Produksi di Institut Manajemen Koperasi
Indonesia (1995). Pendidikan S2 diselesaikannya di Universitas Padjadjaran
bidang Manajemen (2005) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S3 bidang
manajemen di Universitas Padjadjaran.
Disamping sebagai dosen, dia juga aktif dalam kegiatan penelitian dan
pengabdian pada masyarakat tingkat regional, nasional, maupun internasional. Dia
juga menjadi dosen tidak tetap pada beberapa perguruan tinggi di Bandung seperti
Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, dan STIE Adikoesoema.
Sejak tahun 2005 dia menjabat sebagai ketua jurusan Manajemen STIE STEMBI
Bandung dan beberapa kali menerima penghargaan sebagai dosen terbaik STIE
STEMBI. Selain itu, dia juga sering diminta untuk menjadi moderator dan
pembicara pada kegiatan pelatihan, workshop, dan seminar.

Published
2013-04-29